Sengit bin Ketat, Persaingan Jawara Baru dan Kawakan di Singo Edan Cup VIII – Malang
Kabar Arena

Sengit bin Ketat, Persaingan Jawara Baru dan Kawakan di Singo Edan Cup VIII – Malang

Advertisement

Tidak bisa dibendung lagi ekspektasi kicaumania yang hadir di Singo Edan Cup VIII. Mereka datang untuk menang. Tampil dengan power full, mereka ingin mewujudkan keinginannya untuk menjadi terbaik di even ini. Persaingan sengit antara jawara baru dan kawakan pun tak bisa terelakkan. Kualitas dan gengsi pun dipertaruhkan dalam gelaran ini.

Bertempat di gantangan Denhar BC, Asrama Angkujas (selatan Pasar Bunul) – Malang, Minggu, (13/5/2018) Komunitas Arek Ocehan (KOA) Malang berduet cantik dengan gantangan Denhar BC menggelar even ikonik.

Mediaburung_Kodrat-MENDOL
PASCA MABUNG. Kodrat mulai pemanasan pasca mabung. Tampil di Singo Edan Cup VIII meraih juara runner up.

Sejak sesi pertama digeber, aura persaingan di dalam gantangan sangat terasa. Sejumlah pemain papan atas Malang Raya dan luar kota, saling berjibaku menampilkan andalan mereka.

Nur M3 Mokas pemilik Happy New Year, langsung menggebrak di Lovebird A Arema. Berada di gantangan 03, besutan yang baru ditransfer dari H. Andre Suket Teki, tanpa basa basi langsung memukul rata para lawan. Puncak nominasi pun berhasil diraih kicaumania yang juga dikenal pemilik murai batu Jhon Key dan Batman.

Sejak ditranfer, besutan ini sering terlihat berada di podium dari berbagai even. Makin lama, lovebird yang mendapat sebutan durasi istimewa di lapangan, terus merangsek dengan segudang koleksi prestasi. Bahkan diakui, besutan ini mampu memiliki durasi empat menit 10 detik dalam satu tarikan nafas.

Mediaburung_Anis Merah PURNAMA
DARI SIDOARJO. Ari Purnama (kanan) pemilik anis merah Purnama yang berhasil meraih juara ketiga di kelas Singo Edan.

“Alhamdullilah, Happy New Year makin stabil penampilannya. Untuk sementara, mencoba tampil di jalur jawara bersama amunisi lovebird,” ujarnya low profil. Nomor gantangannya pun membawa hoki. Usai lomba, memboyong grand prize berupa satu unit sepeda motor on the road.

Stabilitas penampilan juga mulai ditunjukkan Kodrat, kacer milik Mendol Irul Black Jack – Malang. Besutan yang namanya sudah diperhitungkan di pentas kacer nasional, tampil di tangga juara. Meski diakui Mendol dan Irul, penampilan Kodrat belum pada titik puncak, gelar yang didapat sudah bisa memupuk asa.

“Maklum pasca mabung. Ibarat mesin kendaraan, butuh pemanasan dulu. Bila nanti sudah panas, tidak ada kompromi lagi dan siap memukul rata para lawannya di berbagai even mendatang,” mantab Mendol. Penampilan kacer andalan Mbegog BC, juga diapit amunisi yang selama ini berduet mesra di lapangan. Adalah Dewa Cinta milik Irul Black Jack/Nur F, peraih juara ketiga.

Mediaburung_Kenari-SILUMAN
KHILAF SF. Kenari Siluman, bergerak senyap tapi menghentak di atas podium.

Hingga kini, sosok dari pemain tadi memang dikenal menjadi kacermania yang getol meramaikan sesi kacer di setiap even bergengsi. Kecintaannya terhadap burung berwarna hitam putih, seakan menjadi simbol jihad mereka di jalur kicaumania nusantara. “Tetap supangat (semangat, Red) agar kacer Malang menjadi tonggak sejarah perburungan,” pesannya.

Dalam gelaran ini, sejumlah pemain dari luar kota ikut memeriahkan. Satu diantaranya Ari Purnama, Sidoarjo. Tampil bersama anis merah Purnama dengan kawalan Andik, seorang pemandu bakat papan atas asal Surabaya, memuncaki podium.

Yakni juara ketiga di Anis Merah Singo Edan. “Sebenarnya kehadiran di even ini sekaligus uji coba besutan lama. Setelah mabung, Purnama butuh pemanasan sebelum melawat ke sejumlah even besar lainnya,” ujar Andik.

Mediaburung_H.-Beky-BARACUDA
NYARIS DOUBEL WINNER. Cucak hijau Baracuda, H. Beky, Mido SK Group meraih juara pertama dan runner up.

Sekadar tahu, Purnama merupakan andalan Ari Purnama di sejumlah even. Dengan gaya hiper dan amunisi lagu cucak jenggot serta parkit, besutan ini pernah menapaki podium runner up di Arema Cup, Batu. “Waktu di Arema Cup tampil di kelas utama dengan tiket Rp 400 ribu,” bangga Ari sambil menunjukkan foto kenangan kala tampil di even lampau.

Sejumlah prestasi juga diraih di Anniversary Handayani SF. “Kebetulan ketika tampil di Handayani sebelum mabung. Kini, Purnama mulai bisa ditampilkan lagi di lapangan dan siap berburu prestasi lagi,” harapnya.

Kekuatan amunisi sejumlah peserta juga menjadi warna dari hiruk pikuk gelaran ini. Satu diantaranya besutan milik Khilaf SF – Malang. Besutan ini bergerak secara senyap tapi menghentak di lapangan dengan sebuah prestasi gemilang.

Adalah Siluman, peraih juara pertama di Kenari Standar All Size Denhar. Mengandalkan durasi irama lagu cengkok dan kerja, besutan dengan jenis kenari F1 tampil secara power full meski baru selesai mabung. “Perdana tampil di Latpres Tiga Delapan di Harmony BC,” ujarnya. Tanpa basa basi, Siluman langsung menghentak di atas podium.

Mediaburung_Murai-TUAN-MUDA
JUARA KELAS UTAMA. Murai batu Tuan Muda milik Cahyo Matrix raih juara pertama di kelas Singo Edan.

Perburuan prestasi juga dilakukan H. Beky dari Mido SK Group, Kediri. Mengandalkan cucak hijau Baracuda, Beky nyaris mendapatkan double winner. Tampil di tengah kepungan ijomania, Baracuda tampil garang menjebol pertahanan Cucak Hijau Koa. Main di sesi keempat, besutan yang sebelumnya sudah menyandang gelar juara pertama di Kapolres Jombang Cup, berhasil memuncaki nominasi.

Namun, ekspektasi untuk memuncaki gelar di kelas utama belum sebanding lurus dengan kenyataan di lapangan. Saat tampil di Cucak Hijau Singo Edan, besutan ini terpeleset ke posisi runner up. “Sebelum tampil sempat mandi dengan air yang ada di wadah minum. Mungkin kondisi itu yang memengaruhi performanya, hingga tidak bisa mengulang kesuksesan seperti kelas sebelumnya,” kesalnya.

Mediaburung_LB-BEBY
BEBY. Nanda berhasil meraih juara di sejumlah sesi.
Mediaburung_Kacer-GIANT
GIANT. Oka sang pemandu bakat Andre Avian mengawal Giant ke puncak nominasi.
Mediaburung_Ijo-SEGO-GORENG
SEGO GORENG. Milik Bachtiar, Dieng Atas berhasil meraih juara pertama di kelas Singo Edan.

Sedangkan di jalur lain, sejumlah kicaumania masing – masing berhasil merayakan selebrasi atas keberhasilan gacoannya. Diantaranya Cahyo Matrix bersama murai batu Tuan Muda, Nanda bersama lovebird Beby, Bachtiar pemilik cucak hijau Sego Goreng dan Andre Avian pemilik kacer Giant.

Di jalur juara umum, Kober BC berhasil meraih nominasi terbaik di kategori BC sedangkan Adin Bachelor berhasil meraih nominasi terbaik di kategori SF. Di akhir lomba, panitia mengucapkan terima kasih pada seluruh pendukung yang menyukseskan gelaran. Semoga tahun depan, Singo Edan Cup IX bisa dimeriahkan lagi.

Mediaburung_Kober-BC
KOBER BC. Berhasil meraih juara umum BC di Singo Edan Cup VIII – Malang.
Mediaburung_Juara Umum SF-Adin-Bachelor
JUARA UMUM SF. Diraih Adin Bachelor SF.

 

Daftar Pemenang Singo Edan Cup VIII Klik di Sini

Post Comment

Scroll Up
error: Content is protected !!